Jumat, 26 Agustus 2011

Sudah Cair, Tunjangan Profesi untuk Guru



Kabar gembira bagi guru Kota Malang yang sudah lolos sertifikasi. Kemarin dana Tunjangan  Profesi Pendidik (TPP) sudah mulai dicairkan  pemerintah  pusat. Karena itu paling lambat pekan depan insentif sebesar satu kali gaji itu sudah bisa diterima di rekening para guru sertifikasi. 
Dra Sri Wahyuningtyas, M.Si menjelaskan bahwa dana akan dicairkan dari pusat langsung ke rekening guru, dan diharapkan pekan depan sudah dicairkan semua.

TPP akan diberikan kepada 2501 guru yang menerima TPP dari DAU. Sementara guru yang menerima TPP dari dana dekonsentrasi sebanyak 330 guru dari jenjang pendidikan menengah, 639 guru dari jenjang pendidikan dasar dan 88 guru dari jenjang TK. Karena SK pencairan dikeluarkan bertahap sehingga Disdik harus menghitung detil setiap SK yang ada.
Pencairan kali ini diberikan untuk jangka tiga bulan saja terhitung sejak Januari-Februari-Maret. Sementara tribulan kedua akan dicairkan setelah lebaran nanti. Karena perhitungan tunjangan ini sudah dialokasikan sejak awal tahun anggaran tentu saja guru yang mengalami kenaikan gaji belum bisa mengikuti penyesuaian tunjangan. Penyesuaian baru bisa dilakukan pada tahun anggaran berikutnya. 
Sumber di Dinas Pendidikan Kota Malang menuturkan beberapa hari terakhir ini memang banyak pertanyaan dari guru terkait pencairan TPP ini. Bahkan ada juga yang mengirimkan sms tidak percaya bahwa dana memang belum turun.
Dana TPP itu diberikan langsung dari pusat ke rekening guru, jadi sama sekali tidak ada yang mampir ke disdik.
Diingatkan bahwa TPP tidak akan diberikan kepada semua guru yang lolos sertifikasi. Sebab masih ada beberapa guru yang terpaksa dipending tunjangannya karena beberapa hal. Di antaranya karena sakit atau tidak memenuhi kewajiban mengajar 24 jam dalam satu minggu. Dan  ada pula yang dipending TPP nya karena perilakunya yang buruk. 
Kalau ada laporan seperti itu maka tunjangan akan kami pending untuk jangka waktu tiga kali pencairan sampai mereka memperbaiki diri.
Sementara itu data yang dihimpun Disdik menyebutkan hingga saat ini sudah ada 2915 guru PNS yang lolos sertifikasi dan 706 guru swasta. Sementara kuota 2011 tahun ini ada 1056 guru yang mengikuti penilaian sertifikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar